Minggu, 14 Agustus 2016

Tips membeli Laptop Bekas


Laptop bisa dibilang sudah hampir menggantikan fungsi komputer dalam kegiatan sehari-hari saat ini. Memang, komputer masih cukup banyak digunakan untuk pekerjaan di kantor ataupun kegiatan gaming di rumah dan warnet, namun laptop menawarkan mobilitas tinggi dengan spesifikasi nyaris mendekati komputer.

Makin tinggi spesifikasi sebuah laptop, makin mahal pula harganya. Karena itu, salah satu jalan terhemat untuk memiliki laptop berspesifikasi tinggi adalah membeli laptop bekas. Nah mugkin banyak juga nih sob kalian yang berencana membeli laptop bekas untuk digunakan kebutuhan sehari - hari kita nantinya. Supaya ga buntung, dan pastinya bisa dapetin laptop yang bagus, saya mau share beberapa tips nih sob, gausah lama – lama lagi langsung aja kita babat habis ulasannya.


tips membeli laptop bekas

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Bagus

1. Periksa Bagian Fisik
Menurut saya tampilan fisik dari laptop merupakan salah satu point penting yang bisa jadi acuan kita dalam menentukan laptop bekas mana yang akan kita beli.Why? karena hal yang paling terlihat jelas saat membeli laptop bekas adalah ada pada bagian fisiknya, kondisi fisik yang masih bagus menandakan pemilik sebelumnya dapat merawat laptop tersebut dengan baik sob. Tapi belum tentu kalau luarannya bagus bagian dalamnya juga menjanjikan, tapi setidaknya sudah mendapatkan kesan baik dimata kita. Bandingkan dengan laptop yang luarannya sudah amburadul, jangankan untuk mengecek performa dan kondisinya, melihatnya saja kita udah ga pingin dulu. Ada istilahnya dari mata turun ke hati.

2. Cek Garansi
Laptop bekas yang masih mempunyai masa garansi entah itu garansi toko maupun garansi distributor resmi patut mendapatkan point lebih untuk kita beli. Karena apa? karena garansi yang masih berlaku akan mempermudah dan pastinya menguntungkan bagi kita juga kalau – kalau di kemudian hari kita mendapati masalah maupun kerusakan pada laptop yang kita beli.

3. Cek Fungsi dan Performa
Selanjutnya nih yang juga waijib kita perhatikan adalah mengecek fungsi – fungsi dari komponen – komponen ataupun peripheral dari laptop bekas yang akan kita beli. Misalnya kita cek pada bagian port USB apakah semua port masih berfungsi, kemudian cek juga DVD – ROM, keyboard, webcam, dan juga kondisi dari speakernya.


4. Pastikan Baterai dan Charger Dalam Kondisi Baik
Salah satu keluhan yang sering saya denger dari temen – temen sehabis membeli laptop bekas adalah pada kinerja baterainya. Biasanya penggunaan laptop yang tidak baik, dapat menimbulkan efek samping pada baterai yaitu menurunnya kemampuan menyimpan daya dari baterai itu sendiri. Cukup susah memang memastikan apakah baterai laptop masih dalam keadaan baik atau tidak. Salah satu cara yang bisa digunai nih sob, lihat indikator baterai terlebih dahulu pada level berapa, kemudian coba kita gunakan laptop untuk membuka banyak aplikasi yang cukup berat sekitar 5 – 10 menit dan lihat apakah baterai mengalami penurunan yang normal atau justru mengalami penurunan yang extereme. Kalau baterai mengalami penurunan yang extreme perhitungkan lagi untuk membelinya. Charger juga harus dalam kondisi baik sob, pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau charger sering hidup mati saat digunakan.

5. Periksa Layar LCD
Hal ini menjadi penting karena harga LCD sebuah laptop cukup mahal sob, lebih baik kita pastikan kondisinya baik terlebih dahulu sebelum membelinya, dan pastikan juga tidak ada dot pixel pada layar LCD laptop tersebut. Cara mudahnya dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos kemudian perhatikan adakah selain warna hitam disana, kemudian ganti lagi dengan warna putih polos, dan pastikan lagi kondisinya baik.

6. Periksa kisaran harga pasar
Kalau teman- teman mengetahui harga pasar dari laptop baru, teman - teman bisa menjadikannya sebagai basis untuk bernegosiasi dengan penjual. Kemudian, teman - teman juga bisa mengecek harga berbagai laptop bekas yang dijual di forum jual beli daring barang bekas. Dengan begini, teman - teman bisa mendapat ancang-ancang berapa harga yang pantas untuk laptop bekas yang teman - teman bidik.

7. Jangan Mudah Percaya
Ini penting nih, biasanya kita sering menjumpai penjual yang pinter sekali ngasih janji – janji politik ke kita. Maksutnya apa yang dia bilang tentang kondisi laptop tersebut, belum tentu yang sebenernya. Biasanya para penjual berusaha menutupi kecacatan yang ada pada barang yang akan dijual. Jadi berhati – hatilah dan jangan mudah percaya. 


Mungkin kali ini segitu dulu aja ya sob Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak rugi dikemudian hari yang bisa saya kasih, Semoga bermanfaat. 
Note: Kalau ada yang mau berbagi pengalaman tentang membeli laptop bekas bisa di koment dibawah.:)

Load disqus comments

0 komentar